SETARA SEPTEMBER

Kembali lagi di Setara bulan September!

 

Tahun ini, ajang Psychology Summit dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia membawakan tema utama mengenai social awareness terhadap teman-teman Penyandang Disabilitas, yang mengusung tagline unity & equality. Salah satu rangkaian kegiatan dari Psychology Summit, yaitu Simposium mengenai Penyandang Disabilitas telah diadakan pada Rabu, 28 September 2016 di Auditorium Gd. H Fakultas Psikologi UI. Simposium ditujukan untuk mahasiswa psikologi dan umum dengan mengundang sembilan narasumber (sharer) yang berasal dari Kementerian Sosial, Kelompok Kerja RUU Penyandang Disabilitas, dan komunitas-komunitas.

Peserta Simposium yang berjumlah 48 orang berasal dari berbagai universitas seperti USU (Universitas Sumatera Utara), UNIKA Atmajaya, UNPAD, dan dari berbagai fakultas lain di Universitas Indonesia. Simposium membahas mengenai tiga sub-tema utama yaitu mengenai stigma, diskriminasi, dan acceptance sebagai solusi, dengan peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan sub-tema yang dipilih. Masing-masing kelompok terdapat sharer yang dapat memberikan gambaran lebih luas dan konkrit seiring dengan terjadinya diskusi dalam focus group.

IMG_0529

 

Setelah hasil dari FGD per sub-tema dirangkum, hasil tersebut dibagikan dalam forum keseluruhan di mana terjadi perbincangan mulai dari sejarah terbentuknya rancangan undang-undang, progress undang-undang yang telah disahkan, dan cerita pengalaman dari peserta. Solusi yang dapat diberikan berupa perubahan paradigma masyarakat dari yang charity-based menjadi right-based, dan perlunya sosialisasi lebih lanjut mengenai undang-undang. Hal yang dapat dilakukan sebagai non-disabilitas adalah menjadi social support teman-teman penyandang disabilitas dengan cara lebih berinteraksi, berusaha lebih mengenal dan berkomunikasi agar dapat mengurangi kesenjangan “aku” dan “mereka” juga penghilangan stigma keterbatasan yang tercap pada diri penyandang. Bahwa disabilitas adalah hanya salah satu bentuk dari berbagai kondisi manusia dan acceptance bisa ditawarkan menjadi solusi.

IMG_0529

Yuk, dibaca kajian dan undang-undangnya di:

bit.ly/PenyandangDisabilitas

tinyurl.com/UUPenyandangDisabilitas

 

 

PSYWARE

Bagi yang belum tahu apa itu Psyware, wah.. ketinggalan banget!

Psyware adalah program kerjasama antara BEM Fakultas Psikologi UI dengan Himpunan Mahasiswa Psikologi UNIKA Atma Jaya yang bertujuan untuk meningkatkan social awareness mengenai kesehatan mental di masyarakat, sekaligus memperingati World’s Mental Health Day yang jatuh pada 10 Oktober esok.

Kegiatannya ngapain sih?

Jadi.. kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Oktober 2016 tersebut berupa pencerdasan langsung kepada masyarakat mengenai kesehatan mental oleh volunteer yang berasal dari berbagai mahasiswa psikologi di Jabodetabek. Terdengar membosankan? Engga kok! Karena sosialisasi oleh volunteer diberikan melalui penjelasan dari flyer dan akan ada games-games yang menarik, plus penandatanganan spanduk sebagai bentuk partisipasi peringatan dari hari kesehatan mental sedunia.

coming soon psyware

Tunggu apa lagi, yuk dateng kita ikut berkontribusi dalam merayakan hari kesehatan mental dunia!