SETARA OKTOBER

 

Halo sivitas Psikologi UI!

Kembali lagi di SETARA edisi Bulan Oktober 2016!

 

Pada bulan Oktober 2016, Dept. Kajian Strategis BEM Fakultas Psikologi UI telah melakukan berbagai kegiatan seperti Psyware, penyikapan politik terhadap peringatan 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, dan persiapan “Komedi: Mau dibawa kemana Fakultas Psikologi UI?”

 

 

Psyware


Pada hari Minggu, 9 Oktober 2016 yang lalu dilangsungkan sebuah kegiatan kerjasama antara BEM Fakultas Psikologi UI dengan Himpunan Psikologi UNIKA Atma Jaya untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang bertajuk “Psyware 2016: Be Aware, Be There”.  Kegiatan yang berlangsung di daerah Gerbang Monas arah Jalan Merdeka Barat tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental di masyarakat, baik kesehatan mental dirinya sendiri serta kesehatan mental orang-orang terdekat.
Setelah melangsungkan perekrutan untuk 50 volunteer, yang terbuka untuk mahasiswa psikologi se-Jabodetabek, volunteer yang terdiri dari mahasiswa UI, Atma Jaya, Gunadarma, UPH, dan Azzahra tersebut diberikan pembekalan pada Sabtu, 8 Oktober 2016 yang bertempat di Kampus UNIKA Atma Jaya. Pada pembekalan tersebut volunteer diberikan materi mengenai cara penyampaian pesan yang baik kepada masyarakat, juga mengenai konten materi mulai dari UU Kesehatan Jiwa hingga pada bagaimana cara mengaplikasikan tips menjaga kesehatan mental pada diri sendiri.

IMG_4698

Pada hari H Psyware, seluruh panitia yang terdiri atas mahasiswa Psikologi UI dan Atma Jaya beserta volunteer berkumpul terlebih dahulu dan melakukan tarian chicken dance untuk menarik perhatian masyarakat yang sedang berlalu-lalang. Setelah itu, volunteer dibagi menjadi dua pos, Pos 1 berada di sekitar Gerbang Monas, dan Pos 2 tersebar ke arah bundaran air mancur depan Patung Arjuna Wijaya. Sejumlah volunteer menghampiri masyarakat yang sedang beristirahat dan melakukan sosialisasi langsung dengan memberikan trivia quiz untuk mengukur sejauh mana pemahaman masyarakat mengenai kesehatan mental diikuti dengan sosialisasi materi yang dikemas secara menarik dalam flyer.

IMG_4654

Setelah melakukan sosialisasi, volunteer memberikan bingkisan berupa gantungan kunci, dan meminta masyarakat untuk menulis di kertas post-it mengenai kesan, pesan, serta saran untuk kegiatan Psyware, yang selanjutnya pesan tersebut dilekatkan pada spanduk acara. Volunteer sendiri melakukan sosialisasi secara berpasang-pasangan, dan masing-masing pasangan volunteer rata-rata berhasil memberikan pencerdasan sebanyak lima kali. Untuk menutup kegiatan, pada pukul 09.00 volunteer berkumpul kembali ke Pos 1 dan melakukan tarian chacha slide bersama panitia, lalu diakhiri dengan sambutan penutup dari Arrumbinang Adikismo, Ketua BEM Fakultas Psikologi 2016 serta Priska Kristiani, Ketua Himpunan Mahasiswa Psikologi UNIKA Atma Jaya.

 

IMG_4727

 

Propaganda dan Aksi Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

 

Menuju Aksi pada 28 Oktober 2016, dilakukan propaganda bersama dengan BEM Seluruh Universitas Indonesia dengan mengusung tema #AkuKangen dan #JumatBersamaBapak. Telah dirumuskan lima tuntutan yang meliputi:

 

  1. Menolak segala bentuk privatisasi pendidikan tinggi
  2. Hentikan proyek reklamasi
  3. Evaluasi kondisi keuangan negara
  4. Tolak kebijakan ekspor konsentrat bahan tambang
  5. Menaikkan cukai rokok untuk menurunkan prevalensi perokok pemula

 

Kajian dapat diakses di http://pendek.ga/bemseui_eval2tahun

Tuntutan meliputi bidang mineral dan batu bara, pendidikan tinggi, reklamasi, kesehatan, dan ekonomi.

 

Dalam Fakultas Psikologi sendiri, propaganda dimulai dengan menyebarkan survey untuk menjaring pendapat sivitas. Survey meliputi tanggapan sivitas mengenai kinerja pemerintahan Jokowi-JK selama dua tahun terhadap bidang-bidang yang dibawa dalam tuntutan aksi. Hasil dari survey disimpulkan dalam bentuk infografis yang kembali dipublikasikan kepada sivitas.

2 thn

 

Selain menjaring tanggapan, kritisi, dan aspirasi melalui survey, dibentuk juga papan aspirasi yang dihias dan diletakkan di Selasar Gedung D. Pada papan tersebut sivitas dapat menulis opini mereka dalam post-it sekaligus mendapatkan informasi mengenai isu dan tautan kajian BEM Se-UI. Beberapa hari sebelum aksi, beberapa sivitas juga diminta mengenai testimoni mereka terhadap aksi.

(Tjindana, 2016)-2

 

S__35168349

seruan aksi

sumber foto: Akun Resmi LINE BEM UI

 

[Rilis Aksi]

 

Aksi dimulai pada pukul 13.00, diawali dengan long march menuju Istana Negara. Dilanjutkan dengan pembacaan puisi, penyampaian orasi, dan menyanyikan lagu-lagu perjuangan di depan Istana Negara.

 

Massa aksi ingin Pak Jokowi menemui langsung dan mendengarkan tuntutan yang dibawa. Namun sampai maghrib Pak Jokowi tidak muncul juga.

 

Seusai shalat maghrib, akhirnya datang utusan dari Istana Negara, Deputi Bidang 4. Ia menjanjikan bahwa mahasiswa dapat bertemu dengan kepala staf kepresidenan, Teten Masduki, pada hari Rabu pekan depan pukul 14.30.

 

Terdapat 300 massa aksi dari berbagai fakultas, dimana Fakultas Psikologi sendiri mengirim 30 orang lebih.

Aksi 2 tahun

sumber foto: Akun Resmi LINE BEM UI

 

 

KOMEDI #YukDiskusi

 

Untuk meningkatkan kesadaran, partisipasi, serta menjaring aspirasi sivitas terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di Fakultas Psikologi, Dept. Kajian Strategis mengadakan sebuah wadah yaitu KOMEDI supaya sivitas Fakultas Psikologi UI dapat berkumpul, mengobrol, mengkaji, dan diskusi tentang permasalahan yang ada di fakultas. Komedi kali ini berjudul “Mau dibawa ke mana Fakultas Psikologi UI?” yang akan diselenggarakan pada Rabu, 9 November 2016 di Selasar Gedung D Fakultas Psikologi UI.

 

Diskusi mengundang seluruh unsur mahasiswa yang ada Fakultas Psikologi UI untuk berkumpul bersama dan membahas mengenai berbagai masalah yang ada di Fakultas Psikologi UI, mulai dari fasilitas, akademis, kemahasiswaan, dan berbagai masalah lainnya untuk serta merta dicari solusinya.

 

Satu minggu menjelang acara KOMEDI, Dept. Kajian Strategis membuat beberapa propaganda. Pertama, diawali dengan publikasi mengenai perbedaan BEM dengan OSIS yang ditujukan untuk mahasiswa baru yang belum mengetahui jobdesc Dept. Kajian Strategis. Propaganda dilakukan melalui jalur online (Official Account BEM F.Psi UI) serta offline (poster ditempel di papan komunikasi). Setelah itu, propaganda kedua yakni wawancara terhadap beberapa mahasiswa untuk mencari tahu masalah apa yang terjadi di fakultas (Video 1) dan bagaimana seharusnya mahasiswa sebagai civitas menyelesaikan masalah tersebut (Video 2).

beda osis bem

https://www.youtube.com/watch?v=UM4x9631oWw Video 1

 

https://www.youtube.com/watch?v=xc9RKKHO7oA&spfreload=10 Video 2

 

Kami dari Dept. Kajian Strategis BEM F. Psi UI 2016 berharap KOMEDI tanggal 9 November 2016 ini akan berjalan dengan lancar. Diharapkan juga sivitas akademika fakultas Psikologi UI dapat lebih berpartisipasi dalam menyelesaikan masalah yang ada di Fakultas Psikologi.