SETARA: Maret dan April

SETARA Maret dan April 2017

Halo Psikologi,

Kembali lagi di Semua Tentang Kajian Strategis (SETARA) BEM Psikologi UI 2017 edisi Maret dan April !

  • KORBAN : Ada Apa Dengan SC?semar1Hah? Korban? Siapa yang jadi korban? Korban apasih?

    Korban atau Kumpul dan Ngobrol Bareng merupakan program dari Departemen Kajian dan Aksi Strategis yang sebelumnya bernama Komedi Kecil. Korban sendiri merupakan sarana berdiskusi antara civitas Fakultas Psikologi UI dengan Kastrat dalam membahas suatu isu, dan hari pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017 telah diadakan Korban pertama yang bekerja sama dengan Biro Kestari BEM Psikologi UI. Forum tersebut bertema “Ada Apa Dengan SC?” dilaksanakan di ruang d203 dan dihadiri kurang lebih 40 mahasiswa yang merupakan perwakilan lembaga, kelompok peminatan (kp), dan komunitas Fakultas Psikologi UI. Dalam forum tersebut membahas mengenai kelanjutan dan jadwal piket Student Center Fakultas Psikologi UI.

    Notulensinya dapat dibaca melalui bit.ly/NotulaAdaApaDenganSC!

  • Kastrat Tudei kastrat tudeiNahloh, Kastrat Tudei itu apalagi?

    Kastrat Tudei merupakan program Departemen Kajian dan Aksi Strategis yang akan menyuguhkan berita-berita sosial politik dari dalam maupun luar negeri setiap minggunya! Kastrat Tudei sendiri sudah tiga kali terbit melalui Official Account Line BEM Psikologi UI.

    Sudah baca berita hari ini?

  • Kunjungan ke BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kunjungan Kastrat dan Akprop BEM UI 2017kunjunganPada hari Kamis, 16 Maret 2017 pukul 16.00 BEM Fakultas Psikologi UI melakukan kunjungan ke BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat UI. Lalu pada hari yang sama, pada pukul 19.00 Departemen Kajian dan Aksi Strategis (Kastrat) dan Departemen Aksi dan Propaganda (Akprop) BEM UI 2017 mengunjungi Departemen Kastrat BEM Psikologi UI di ruang d203. Maksud dari kedua kunjungan tersebut adalah untuk membangun relasi antara kedua pihak dan berbagi informasi antar fakultas dan departemen.

 

  • Aksi #KendengLestarikendeng 2kendeng 1Massa menuntut adanya tindakan tegas dari pemerintah mengenai keadilan untuk masyarakat Kendeng dalam mempertahankan tanah kampung halamannya dari industrialisasi. Sehingga pada tanggal 23 Maret 2016 Dept. Kastrat BEM Psikologi UI bersama dengan BEM se-UI dan BEM UI melakukan aksi damai di depan Istana Negara. Aksi ini diikuti oleh setidaknya 30 massa asal Fakultas Psikologi serta berbagai lapisan mahasiswa UI.

    Untuk kajiannya dapat dibaca melalui bit.ly/MenanggapiPabrikSemenRembang

 

 

 

 

 

 

 

  • SOSPOLNET : IKM Summit UI 31 Maret 2017

Pada hari Jumat, 31 Maret 2017 telah berlangsung SOSPOLNET yang dihadiri oleh departemen kastrat BEM Se-UI. Agenda pembahasan yang dibawa pada hari itu adalah isu yang akan dibawa oleh masing-masing departemen kastrat pada IKM UI Summit.

IKM UI Summit adalah sebuah forum bersama yang membahas, menyepakati, mengeksekusi, serta mengevaluasi langkah gerak BEM se-UI selama satu tahun kepengurusam dalam enam bidang, yaitu sosial-politik, sosial masyarakat lingkungan, advokasi kesejahteraan mahasiswa, olahraga, seni, budaya, dan keilmuan. BEM Fakultas Psikologi sendiri membawa isu RUU Penghapusan Kekeran Seksual dan bekerja sama dengan BEM Fakultas Hukum. Selain itu, BEM Fakultas Psikologi sepakat untuk bekerja sama dan mengawal isu RUU Pertambakuan yang dibawa oleh BEM Fakultas Kesehatan Masyarakat dan isu BPJS yang dibawa oleh Fakultas Kedokteran.

  • KORBAN Online : Perlukah Mahasiswa Psikologi UI Mengawal PILKADA DKI 2017 ?korbanPada tanggal 19 April 2017 merupakan putaran kedua dari Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta periode 2017-2022. Departemen Kastrat menyelenggarakan diskusi online bersama dengan Mahasiswa Fakultas Psikologi UI ntuk membahas lebih jauh mengenai pandangan  Mahasiswa Fakultas Psikologi UI terhadap isu tersebut dan untuk menentukan gerakan selanjutnya dari BEM F.Psikologi UI.
  • Turun Semua: Politik?
    Masih ingat dengan salah satu program kerja Departemen Kastrat yang berupa pamphlet (baik online/hardcopy) yang isinya membahas suatu topik yang berkaitan dengan sosial & politik, namun dikemas secara menarik sehingga ringan dan asyik untuk dibaca yang bernama Gradasi? Tahun ini Gradasi berganti nama menjadi TURUN SEMUA atau Tulisan Ringan Untuk Semua. Meskipun sudah berganti nama, namun tema dan isi-nya tidak kalah menarik dari tahun sebelumnya!

    Apa itu politik? Ayah berpolitik dalam merebut hati ibu? Kok bisa? Yuk dibaca TURUN SEMUA edisi perdana melalui bit.ly/turunperdana

  • Pernyataan Sikap BEM FPSiPada hari Selasa, 11 April 2017 terjadi tindakan teror terhadap salah satu penyidik KPK, yaitu Novel Baswedan. Kejadian teror ini tidak lepas dari jabatannya sebagai penyidik senior yang sedang menangani kasus besar. Kali ini kasus yang sedang ditangani adalah kasus e-KTP.

    Untuk kajian lengkap mengenai isu tersebut dapat dilihat melalui bit.ly/SelamatkanKPK

  • SOSPOLWEEK : How To Be A Good Citizenturun semuaSospolweek bulan April sukses dilaksanakan di Selasar Gedung D selama dua hari tanggal 17-18 April 2017 dengan mengusung tema How To Be A Good Citizen. Di sospolweek kali ini disajikan informasi mengenai penjelasan citizen yang baik, program kerja adkesma, tipe-tipe pemilih yang sesuai dengam kajian, dan quiz berhadiah seputar kampus!good citizen

     

     

    Selain itu, sudah nonton video tentang tipe-tipe Voting Behavior? Kuy tonton melalui bit.ly/BesokPilkada

  • Kajian Kekerasan SeksualkersexIsu kekerasan seksual merupakan salah satu isu utama yang dibawa Dept. Kastrat BEM F.Psi UI 2017. Kajian ini merupakan landasan gerak BEM F.Psi UI dalam mengawal isu ini selama satu tahun ke depan.

    Kajian Kekeran Seksual dapat diakses melalui bit.ly/PenghapusanKerseks

  • Kunjungan dari BEM Fakultas Psikologi Universitas DiponegoroundipPada hari Sabtu, 29 April 2017 BEM Fakultas Psikologi UI kedatangan tamu dari Fakultas Psikologi BEM Universitas Dipenogoro. Dari kunjungan tersebut, BEM Fakultas Psikologi UI dan BEM Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro bekerja sama untuk mengawal isu Kesehatan Jiwa.

     

  • Sekian Setara edisi Maret dan April 2017, ditunggu partisipasi sivitas Psikologi UI di bulan-bulan berikutnya! Selamat menjalani aktivitas!

    Bersama Menuju Perubahan

    Departemen Kajian dan Aksi Strategis

    BEM Psikologi UI 2017