Semua Tentang Kastrat

Ada apa saja sih, di bulan Februari 2016?

 

Di bulan Februari lalu, Departemen Kajian Strategis BEM Psikologi UI 2016 telah melaksanakan berbagai aktivitas berkenaan dengan isu-isu yang sedang berkembang di sekitar, tapi..

 

Sebelumnya, apa sih Departemen Kajian Strategis itu sendiri?

 

Departemen Kajian Strategis. Terdengar sangat berat ya? Namun sebenarnya nggak kok! Selain tugas Dept. Kastrat untuk mengkaji dan menyikapi sebuah isu, sudah merupakan kewajiban departemen ini untuk membuat orang-orang di sekitarnya (civitas Fakultas Psikologi UI) untuk tetap up-to-date terhadap permasalahan dan isu yang ada di sekitar, dalam hal ini adalah isu mengenai sosial politik.

 

Departemen Kastrat berusaha mewadahi minat teman-teman di bidang sosial politik sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bukan hanya bagi teman-teman yang berminat terhadap isu sospol saja, namun sesuai dengan slogan Kastrat tahun ini, “Membumi – Membangun – Peduli”, kami ingin teman-teman agar bisa lebih ‘penasaran’ terhadap suatu isu sehingga akhirnya menjadi lebih peduli dan dapat berkontribusi. Dan kontribusi itu caranya banyak, lho!

 

Nah, tahun ini Dept. Kajian Strategis membawa isu utama yaitu mengenai Rancangan Undang-Undang Penyandang Disabilitas. Selain itu, Dept. Kajian Strategis di Bulan Februari ini juga mengawal isu lain; Kenaikan Batas Ats Biaya Kuliah dan Kekerasan Seksual (Kasus Pemerkosaan oleh Sitok Srengenge)

 

RUU Penyandang Disabilitas

 

Kegiatan pertama yang terlaksana adalah aksi yang dilakukan mahasiswa Psikologi UI bersama dengan LSM dan para penyandang disabilitas itu sendiri. Publikasi awal mengenai isu ini dilakukan dengan mengubah display picture Line dengan template dukungan terhadap RUU Disabilitas. RUU ini menghadapi beberapa hambatan. Hambatan pertama yaitu terjadinya penghapusan di beberapa pasal penting oleh DPR, dan pembentukan Komisi Disabilitas Nasional yang tidak disetujui oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara.

kastr1

 

Rangkuman dari kajian dapat di lihat di: bit.ly/RangkumanKajianRUUDisabilitas

 

Dan berita Aksi yang dilakukan pada 10 Februari dapat di lihat di: bit.ly/SemingguYangLalu

 

Kenaikan Uang Kuliah

 

Isu kedua adalah mengenai kenaikan batas atas Uang Kuliah Tunggal atau UKT. Untuk membahas dan membuat civtas sekitarnya aware mengenai isu ini, Dept. Kajian Strategis Psikologi UI telah menjalankan salah satu program kerjanya yaitu Komedi.

 

Apa itu Komedi? Komedi adalah singkatan dari Kumpul, Obrol, Mengkaji, dan Diskusi. Komedi yang berbentuk  pemaparan dan diskusi mengenai kenaikan biaya kuliah ini dilaksanakan di Selasar Gd. D pada hari Jumat, 26 Februari 2016 yang lalu. Sedangkan untuk Komedi yang berupa seminar atau talkshow, ditunggu saja ya tanggal mainnya hehe.

 

Diskusi saat itu dihadiri oleh sekitar 30 civitas, telah didiskusikan mengenai rencana kenaikan biaya kuliah untuk adik-adik mahasiswa baru 2016. Mengapa biaya kuliah naik? Apa itu Biaya Kuliah Tunggal?  Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikupas lebih jauh dalam notulensi Komedi.

 

Notulensi Komedi Kecil dapat di lihat di: bit.ly/KomediUKT

kastrat2

 

 

Gerakan #AdiliSitok

 

Tidak lama berselang, Dept. Kajian Strategis telah melaksanakan Komedi kecil yang kedua, lho! Namun kali ini bekerjasama dengan Dept. Kajian Strategis FH & FIB UI, dalam rangka mengawal kasus dan gerakan #AdiliSitok. Di Selasar Gd. D pada hari Senin, 29 Februari 2016, diadakan acara nonton bareng film Speak (2004) dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran sivitas akan isu kekerasan seksual. Fakta bahwa stigma masyarakat terhadap penyintas pemerkosaan yang masih buruk, sehingga perlu diadakannya wadah sosialisasi yang kreatif kali ini dikemas dalam bentuk pemutaran film. Pemutaran film Speak ini dihadiri sekitar 50 peserta, yang berasal dari berbagai fakultas seperti FH, F. Psikologi, FISIP, dan FKM.

kastrat3

kastrat4

sumber: akun line AdiliSitok

 

Keesokan harinya yaitu pada hari Selasa, 1 Maret 2016 diadakan Aksi inklusif dan Audiensi bersama perwakilan BEM F. Psikologi, FH, FISIP, FKM, FIB, dan Vokasi ke Kejaksaan Tinggi untuk menekan pihak Kejati agar mengusut tuntas kasus Adili Sitok dan memberikan keadilan kepada korban.

 

Press release: tiny.cc/releaseaksi1

Materi gerakan: tiny.cc/adilisitok

Surat terbuka ke kejati: tiny.cc/suratkejati

kastrat5

kastrat6

Nah, sekian kegiatan-kegiatan dari Dept. Kajian Strategis pada bulan Februari 2016. Ditunggu partisipasi dan dukungannya untuk kegiatan-kegiatan Kastrat selanjutnya!