PRADA (14 Mei 2016) Acara Kakak Adik Asuh

PRADA merupakan salah satu program kerja Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Psikologi UI 2016 yang bertujuan memberikan bantuan beasiswa pendidikan bagi anak atau kerabat dari karyawan Fakultas Psikologi UI serta meningkatkan attachment antara mahasiswa dan karyawan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. PRADA 2016 memiliki tiga rangkaian acara, dua diantaranya yaitu pemberian beasiswa adik asuh dan acara kakak adik asuh telah dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2016 bertempat di Aula Gedung D Fakultas Psikologi UI. Acara ini dihadiri oleh 18 adik asuh beserta orangtuanya dan 12 kakak asuh PRADA 2016.
Acara berlangsung selama dua jam sepuluh menit, mulai pukul 13.20 hingga pukul 15.30. MC membuka acara dengan meriah dilanjutkan sambutan oleh ketua pokja PRADA dan wakil ketua BEM Fakultas Psikologi UI 2016. Kemudian, MC menyerahkan acara kepada Nia dan Thifa selaku pemandu games. Konsep acara kakak adik asuh kali ini adalah mini outbond. Nia dan Thifa membagi adik dan kakak asuh menjadi empat kelompok. Setelah itu masing-masing kelompok diberikan waktu untuk berkenalan, membuat nama kelompok, dan jargon kelompok. Nama kelompok yang dibuat menggunakan nama film kartun, yaitu barbie, naruto, doraemon, dan spongebob. Keempat kelompok maju memperkenalkan diri mereka beserta jargon mereka masing-masing. Setelah semua kelompok maju, pemandu games memberikan petunjuk tempat pertama yang harus mereka datangi yaitu bekas kantin Via. Di kantin Via terdapat 2 permainan yang harus dimainkan semua kelompok yaitu tendang bola dan piramida gelas. Beberapa kelompok dapat menyelesaikan permainan dengan cepat dan tepat, beberapa lainnya ada yang gagal menyelesaikan permainan. Selesai dari kedua permainan tersebut, keempat kelompok kembali diberikan petunjuk untuk menuju tempat kedua yang harus didatangi yaitu taman yunani. Kelompok barbie menjadi kelompok pertama yang sampai di tempat kedua, di sana mereka diminta memilih 1 dari 4 pilihan barang yang ditutupi kertas koran. Barang yang ditutupi kertas koran tersebut adalah pilus, piring, beserta alat untuk makan (bisa sumpit, sendok agar, dan garpu kue ulang tahun). Permainan di tempat kedua selesai, semua kelompok kembali ke aula.
Adik asuh dan kakak asuh diberi waktu beristirahat selama beberapa menit. Kemudian pemandu games melanjutkan permainan yang terakhir, yaitu menyusun operasi matematika. Kelompok barbie berhasil menjadi pemenang pertama dengan skor tak terhingga, di susul kelompok naruto, doraemon, dan spongebob. Seluruh pemenang diberikan reward berupa snack yang dibungkus indah seperti parcel. Acara games selesai, semua adik dan kakak asuh diberikan kertas untuk menuliskan kesan pesan acara hari itu. Kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian donasi kepada adik asuh lalu berfoto bersama. Acara kakak adik asuh kali berjalan dengan lancar, baik adik asuh maupun kakak asuh merasakan kesenangan pada hari itu.

 

ihikgh


ikuhk