Komedi: Peran Negara, Masyarakat, dan Mahasiswa

1463227896923

Komedi, singkatan dari kumpul, obrol, mengkaji, diskusi adalah program kerja departemen Kajian Strategis yang tujuannya adalah untuk mengenalkan dan mencerdaskan civitas F. Psi UI, UI, dan masyarakat umum tentang isu sosial politik terkini. Komedi di paruh pertama ini diadakan di Auditorium gd. H Fakultas Psikologi UI pada tanggal 13 Mei 2016 dengan tagline “Kreatif Beraksi”. Filosofinya adalah bahwa “aksi” untuk memperjuangkan hal yang baik dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk mengadakan diskusi dalam Komedi ini.

Kali ini, Komedi membawa satu isu besar yang dikawal oleh BEM F. Psi UI di tahun 2016, yakni penyandang disabilitas. Komedi diadakan dalam bentuk diskusi publik yang mengundang Dra. Ariani Soekanwo, Arzetty Bilbina S.E , dan Prayogo Triono sebagai narasumber, serta C. H. A. Inez Ersya sebagai moderator. Namun sayangnya, Ibu Arzetty tidak dapat hadir karena ada keperluan mendadak, sehingga digantikan oleh Dr. Astriana Baiti M.S, tenaga ahli beliau dalam menangani RUU Penyandang Disabilitas.

3

Acara dimulai dengan sambutan dari ketua pelaksana Komedi, Ketua BEM F. Psi UI, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dekan F. Psi UI. Dilanjutkan lagi dengan diskusi yang dipimpin oleh Inez Ersya. Pertama-tama,  Ibu Astri menjelaskan tentang substansi dan teknis dari UU Penyandang Disabilitas yang baru disahkan. Dilanjutkan dengan Ibu Ariani yang menjelaskan tentang kebutuhan penyandang disabilitas. Diskusi diteruskan dengan kak Tyo yang menceritakan kisahnya sebagai penyandang disabilitas sejak kecil s/d sekarang. Meskipun diskusi hanya dihadiri oleh 69 peserta, namun sesi tanya jawab di akhir acara sangatlah alot. Banyak perspektif baru yang muncul tentang isu penyandang disabilitas

Setelah sesi tanya jawab, kak Inez menyimpulkan bahwa sebetulnya hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia masih belum terpenuhi, dan bahwa Komisi Nasional Disabilitas merupakan harapan terbesar di Indonesia dalam mewujudkan keadilan untuk penyandang disabilitas. Akhirnya, acara pun ditutup dengan penampilan band dari Psymphony. Dengan ditutupnya acara, harapannya adalah semoga diskusi publik ini dapat menjadi pintu awal menuju perubahan yang lebih baik.

4

Berikut notulensi diskusi publik Komedi: Peran Negara, Masyarakat, dan Mahasiswa: bit.ly/NotulensiKomedi