Fakultas Psikologi UI Menjadi Juara Tiga di Olimpiade Psikologi Nasional

IMG_9562

Mahasiswa Fakultas Psikologi UI kembali mengukir meraih prestasi. Pada 13-14 November kemarin Universitas Indonesia berhasil dinobatkan menjadi Juara Umum III pada Olimpiade Psikologi 3 HIMPSI di Jawa Timur. Universitas Indonesia berada di bawah Universitas Gadjah Mada (9 medali dari 17 cabang yang diikuti) sebagai Juara Umum dan Universitas Surabaya sebagai Juara Umum 2.

Dari 9 cabang lomba yang diikuti oleh Fakultas Psikologi UI, UI berhasil meraih dua emas, tiga perak dan tiga perunggu dalam olimpiade ini. Dua emas disumbang oleh Afiyana Eka Nurilla (2012) pada cabang Psikometri Psychoscience dan Psychodebate atas nama Johan Wahyudi (2012), Ni Putu Putri Puspitaningrum (2013) dan Ardan Aziz Rahman (2013).  Tiga perak disumbangkan oleh Thifalina Alam Aulia (2012) dan Nur Izzatul Muthiah (2012) pada cabang psychopaper, Adilla Afiani (2013) pada cabang Eksperimen Dasar Psychoscience serta cabang Psychotoys atas nama Riri Marjani Qalbi (2012) dan Sulfani Mawaddah (2012). Selanjutnya tiga perunggu diperoleh dari cabang Psychoscience yaitu Asesmen Tumbuh Kembang oleh Callista Hapsari (2013), Psikologi Terapan  oleh Debbi R. Saragih (2013) dan cabang Psikodiagnostik dan Asesmen oleh Annisa Wibowo (2012).

Mengingat UI baru pertama kali mengikuti kompetisi Olimpiade Psikologi, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa. UI berhasil menjuarai 8 dari 9 cabang yang diikuti. Akan tetapi cabang-cabang tersebut hanyalah cabang lomba keilmuan saja. Mayoritas Universitas lain mengikuti semua cabang yaitu 17 cabang. Besar harapannya pada Olimpiade Psikologi ke-4 UI dapat mengikuti cabang lainnya yaitu olahraga dan kesenian.