Children of Heaven

CoH adalah kegiatan pengajaran anak-anak dari jenjang TK sampai kelas 6 SD yang saat ini masih dilakukan di Teras Masjid Al- Munawarroh, Kelurahan Pancoran Mas, Depok. Kegiatan yang dilakukan di lokasi meliputi kegiatan pengajaran, bernyanyi, membuat kerajinan tangan, bermain, dan lain-lain. Tahun ini, dibentuk kembali Kelompok Kerja (Pokja) CoH masa bakti 2016 untuk membantu melaksanakan program CoH yang tetap mendapat pengawasan dari salah satu staff departemen pengabdian masyarakat. Selain itu, sehubungan akan berlangsungnya kepindahan CoH ke lokasi baru di tahun ini (yang juga bekerja sama dengan program kerja Psikologi untuk Negeri dalam mencari lokasi baru), maka program yang akan dilakukan adalah kaderisasi remaja di Kelurahan Pancoran Mas. Hal ini bertujuan agar ketika CoH pindah ke tempat baru, siswa/i CoH tetap dapat belajar didampingi remaja Kelurahan Pancoran Mas di sana. Pentingnya kaderisasi ini dilakukan atas dasar masih banyaknya anak-anak di Kelurahan Pancoran Mas yang masih merasa membutuhkan kegiatan pengajaran CoH yang ditunjukkan dengan banyaknya anak-anak yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kegiatan mengajar tetap dilakukan secara rutin pada hari Minggu pukul 08.00- 13.00 WIB di teras masjid Al-Munawaroh, Depok.

Seluruh Pendukung, orang tua murid, dan adik CoH_Pagecah team building CoH Adik-adik yang tampil dalam Perlombaan Pagecah Raisya_Adik CoH pemenang Lomba Pagecah

Pada paruh 1 ini CoH telah melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu (1) telah melaksanakan proses open recruitment untuk mendapatkan pengurus inti dan staff pengajar CoH sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan yaitu sebanyak 15 orang Pokja dan 58 orang pengajar, (2) telah melaksanakan pembentukan kurikulum dan RPP sesuai waktu yang telah ditetapkan, (3) telah mengadakan pembekalan dan pelatihan pengajaran meskipun dari 70% target hanya 30%  pengajar yang dapat hadir dalam kegiatan tersebut, (4) divisi kaderisasi telah mengunjungi dan menjelaskan rencana perpindahan lokasi CoH kepada remaja Pancoran Mas. Pada saat itu ada 10 orang remaja yang hadir dan ketika selanjutnya pertemuan kedua dihadiri 1 orang remaja dan sekitar 4 orang Bapak DKM Masjid Al-Munawaroh, (5) dari target minimal melakukan 3x home visit/paruh, pada paruh ini CoH telah melakukan 5x home visit, (6) telah mengikuti perlombaan PAGECAH tanggal 22 Mei 2016 yang akan diikuti oleh 12 orang peserta, dan pada tahun ini meraih juara ke 3 pada lomba mewarnai, (7) telah melaksanakan pertemuan dengan remaja Pancoran Mas sebanyak 3x dari target 2x dalam rangka kaderisasi pengajaran, (8) telah mengajak remaja Pancoran Mas untuk bersosialisasi dengan adik-adik CoH sebanyak lebih dari 5x, hal ini dilakukan dengan cara mengirimkan reminder berupa pesan singkat setiap malam minggu dan dilakukan sejak pertemuan pertama dengan para remaja Pancoran Mas.

Pada paruh 1 CoH telah melaksanakan kinerja yang cukup baik karena setiap minggunya telah melaksanakan pembelajaran yaitu mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan matematika yang diselingi dengan penanaman nilai kreativitas dari membuat karya dan memasak (Penanaman nilai dilakukan setiap 2 minggu sekali). Pada paruh satu ini juga CoH telah dikunjungi oleh rumah belajar dari teknik yaitu TIS, dimana terdapat kakak-kakak dari TIS yang ikut mengajar di CoH. Selain itu, CoH juga telah melakukan tahap awal untuk kaderisasi yang ditujukan untuk persiapan kepindahan CoH ke tempat baru. Kami telah beberapa kali bertemu remaja Pancoran Mas dan telah satu kali bertemu Bapak pengurus DKM. Pengajaran dan penanaman yang dilakukan selalu lancar meskipun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lebih lanjut untuk paruh selanjutnya. Selain itu, di setiap pengajarannya 80% PJ kelas selalu hadir dan hampir 60% pengajar volunteer juga dapat hadir untuk mengajar.