Career Day

Career Day dilaksanakan pada Sabtu 9 April  2016 di Auditorium Fakultas Psikologi dengan mendatangkan para alumni 91 dan non-91. Terdapat 4 sesi dalam acara Career Day yang masing-masing sesi menjelaskan peminatan di psikologi yaitu Pendidikan, Psikologi Sosial dan Terapan, Psikologi Klinis,dan PIO. Tujuan acara ini adalah mengenalkan dunia pasca kampus dari masing-masing peminatan, untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa bagaimana sebenarnya dunia pasca kampus itu melalui sesi sharing dari alumni. Acara Career Day dibuka dengan sambutan oleh Prof. Sri Hartati R. Suradijono, M.A., Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan. Selanjutnya acara dimulai dengan dipandu oleh moderator yaitu Dra. Dyah Triarini Indirasari M.A.

Sesi 1 diisioleh 2 orang narasumber yaitu Vitriani Sumarlis, M.Si, Psi dan Elok Dianike Malay. Kedua narasumber menceritakan pengalaman selama bekerja di setting pendidikan. Dan bagaimana pendidikan itu sangat membutuhkan keberadaan psikolog. Kunci dari keberhasilan karir adalah perlu mengeksplor apa yang akan kita raih dimasa depan, cari minat dan passion untuk mengarahkan kita menuju masa depan itu sendiri. Perlu pula membangun relasi dan terbuka terhadap hal baru.

Sesi kedua adalah peminatan Psikologi Sosial dan Terapan yang diisi oleh narasumber Rivolinggo Pamudji, Cipta Setiawan, Wahyu Cahyono. Inti sharing sesi 2 adalah bahwa jangan pernah takut untuk mengambil resiko dan jangan menutup diri untuk peluang selain ranah psikologi, bina network yang baik. Pekerjaan membutuhkan passion, jangan takut karena tidak ada pekerjaan yang bisa kita lakukan, selama ada manusa disitulah psikologi bisa diterapkan. Jangan takut untuk mengusahakan sesuatu dan jangan terpaku akan kegagalan,serta beranilah untuk mencoba dan nantimimpilah yangakan mengarahkan jalan kita.

Sesi 3 diisi dari peminatan klinis yang disi sharing dari Rini Hildayani dan Indri Savitri. Sebagai lulusan S1 Psikologi sudah bisa melakukan terapi tertentu. Keterampilan yang bisa diandalkan lulusan S1 Psikologi UI adalah kemampuan observasi dan wawancara. Perlu juga kemampuan memandang masalah dari sudut pandang lain. Perbanyaklah pengalaman karena pengalaman akan membantu kita memilih preferensi

Sesi 4 adalah peminatan Psikologi Industri dan Organisasi yang diisi oleh Ika Nurfitriani Listyanti, Isdar Andre Marwan, Cipta Setiawan, Debbie Kusuharto, Marizca Tambunan, Mully Rusli. Perlu adanya set plan agar bisa fokus untuk mencapai kesuksesan karir di PIO. Buka pemikiran seluas-luasnya bahwa ilmu psikologi bisa  dipakai dimanapun. Selian itu perlu didukung dengan passion, attitude, dan komitmen. Attitude meliputi make a difference, learning, we have tomanage our own career, dan tenacity. Jangan memilih-memilih pekerjaan karena itu adalah proses menuju karir yang cemerlang dan pandai untuk menempatkan diri. (Notulensi: bit.ly/NotulensiCD2016)

 

“dare to dream, buka wawasan, jangan membatasi diri, build your network, life is about learning, make a difference, find your own passion

 

1 careerday