Berita Acara 2nd Annual Psychology Summit

_MG_4072

Psychology Summit merupakan acara terbesar yang diselanggarakan oleh mahasiswa dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Acara ini merupakan kesatuan dari tiga acara yang pernah diselenggarakan setiap tahunnya yaitu PIASTRO (Psychology in Art and Sports through Competition), Psychology Festival, and Psychopedia. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menjaga dan mengeratkan hubungan antar mahasiswa Psikologi diseluruh Indonesia.

Psychology Summit kembali diadakan di tahun kedua dengan bertemakan “Unity and Equality”. Tema besar acara Psychology Summit tahun ini dibawakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran sosial masyarakat luas mengenai para penyandang disabilitas. Diadakan pada tanggal 21 September hingga 1 Oktober 2016 di Gelanggang Remaja Pasar Minggu dan Universitas Indonesia.

Rangkaian kegiatan 2nd Annual Psychology Summit diawali dengan pembukaan (Grand Opening) pada hari Rabu, 21 September 2016 di Aula Gedung D Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Keesokannya, kompetisi olahraga yaitu futsal dan basket dimulai pada 22 September hingga 1 Oktober 2016, yang dilaksanakan di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pada hari Sabtu, 24 September 2016, diadakan Seminar Pendidikan Karir dengan tema Dream Chaser “Don’t Dis My Ability” yang terbuka untuk umum. Seminar ini dibawakan oleh Marshanda, Panji Surya Putra Sahetapi dan Dr. Wahyu Indianti, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan simposium, yaitu pertemuan antara akademisi dan mahasiswa untuk berdiskusi dan menghasilkan sebuah petisi atau kajian yang dapat digunakan oleh pihak terkait pada hari Minggu, 25 september 2016 di Auditorium Gedung H Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

IMG_9815

IMG_4625

 

Kegiatan lainnya yang diadakan yaitu kompetisi bidang kesenian seperti fotografi, mural, tari tradisional, dan modern dance di Gelanggang Remaja Pasar Minggu. Pameran fotografi dilaksanakan pada 28 September 2016 hingga 1 Oktober 2016. Kompetisi mural diadakan pada 26 September 2016. Sedangkan kompetisi tari tradisional dilangsungkan pada tanggal 23 September 2016 dan modern dance pada hari berikutnya yaitu 24 September 2016.

DSC_0184

 

Selain olahraga dan seni, terdapat kompetisi di bidang keilmuan yaitu SIDC (Social-Psychology Intervention Design Competition) dan Poster. SIDC diadakan selama dua hari dari tanggal 29 hingga 30 September 2016 di Auditorium Gedung H Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Sedangkan lomba poster diadakan pada tanggal 29 September 2016 di Selasar Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia.

_DSC6720

IMG_5452-2

Rangkaian acara 2nd Annual Psychology Summit yang diadakan secara paralel membuahkan hasil dari usaha para peserta. Berikut ini adalah daftar pemenang dari lomba-lomba yang diadakan:

 

KEILMUAN

SIDC

Juara 1: Tim IKE (Universitas Indonesia)

Juara 2: Tim 06 (Universitas Indonesia)

Juara 3: Tim Corgito Ergo Sum (Universitas Airlangga)

 

Poster

Juara 1: Universitas Padjajaran

– Azhar Umar Fathin

– Salsha Nandhita

– Olivia Octaviana

Juara 2: Universitas Gajah Mada

-Nur Fajriati Nadlifatil Khoir

– Nurul Hidayah

– Atikah Nurul Luthfiah

Juara 3 : Unika Atma Jaya

– Darwin Linanda

 

KESENIAN

Tari tradisional

Juara 1 Tim Tari Psikologi (Universitas Sumatera Utara)

Juara 2 STAMP (Unika Atma Jaya)

Juara 3 Gagar Samawa (Universitas Teknologi Sumbawa)

 

Mural

Juara 1 SKJB  (Sekolah Komunitas Johar Baru)

Juara 2 SMAN 2 Tanggerang (Authentic)

Juara 3 DRY (Universitas Multimedia Nusantara)

 

Modern dance

Juara 1 LEGGO DC

Juara 2 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Juara 3 Unika Atma Jaya

 

Fotografi

Juara 1: Imagine (Gilang Prasetia, Universitas Tarumanagara)

Juara 2: Keterbatasan Bukan Hambatan (Yudi Yahya, PPUA Penca)

Juara 3: Perjalananku Berlari (Ivan Nara Pratama Bahari, Unika Atma Jaya)

 

KOMPETISI

Futsal Putri: UIN Jakarta, Universitas Diponegoro, Unika Atma Jaya

Futsal Putra: Universitas Negeri Makassar, UPI YAI, Universitas Brawijaya

MVP Futsal Putri: Sitta Evowani – UIN Jakarta

MVP Futsal Putra: Herman Malik – Universitas Negeri Makassar

 

Basket Putri: Unika Atma Jaya, Universitas Padjajaran, Universitas Gunadarma

Basket Putra: Universitas Negeri Surabaya, Universitas Islam Indonesia, Unika Atma Jaya

MVP Basket Putra: Arya Kurniawan – Universitas Negeri Surabaya

MVP Basket Putri: Claudia Ivon Tarmadi – Unika Atma Jaya

 

Supporter Award: Universitas Gunadarma

 

Acara 2nd Annual Psychology Summit ditutup (Grand Closing) pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016. Pada siang hari, pukul 12.30, Grand Closing dimulai dengan pertandingan persahabatan futsal antara All Star Psychology Summit dengan Firesoul di Gelanggang Remaja Pasar Minggu. Kemudian dilanjutkan dengan acara meet and greet dengan empat pemain Satria Muda Pertamina yaitu Kevin Yonas, Hardianus, Christian Ronaldo Sitepu dan Vamiga Michel. Setelah itu, dilanjutkan dengan pertandingan persahabatan basket oleh All Star Psychology Summit bersama dengan Satria Muda Pertamina.

Grand Closing tidak hanya dilaksanakan di Gelanggang Remaja Pasar Minggu saja, tetapi juga di Lapangan Parkir Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Acara ini diikuti oleh peserta, panitia, sponsor, media partner, dan masyarakat umum. Acara ini dibawakan oleh Prayogo Triono dan Rachel Amanda serta dimeriahkan oleh D’Cinnamons, Rumah Ceria Down Syndrome, Mitra Netra Band, POTADS, dan Freeman.

IMG_7529

IMG_6534